'/> Contoh Paragraf Deduktif Dan Paragraf Induktif

Info Populer 2022

Contoh Paragraf Deduktif Dan Paragraf Induktif

Contoh Paragraf Deduktif Dan Paragraf Induktif
Contoh Paragraf Deduktif Dan Paragraf Induktif

Contoh Paragraf Deduktif dan Paragraf Induktif - Dalam menulis sebuah karangan, baik karangan bebas ataupun karya ilmiah, salah satu tehnik penulisan berdasarkan tata bahasa indonesia yang baik dan benar yaitu memahami dan memakai paragraf deduktif atau paragraf induktif. perbedaan paragraf deduktif dengan paragraf induktif yaitu hanya pada penempatan inti kalimat atau kalimat utamanya saja. paragraf deduktif yaitu pokok kalimat terletak pada awal paragraf dan dilanjutkan dengan bebrapa kalimat penjelas dari kalimat utama tersebut. sedangkan paragraf induktif yaitu kebalikan dari paragraf deduktif yaitu pokok kalimat terletak pada selesai paragraf, sedangkan kalimat kalimat penjelas terletak pada awal.

Pada pengertian yang lain bahwa paragraf deduktif yaitu paragraf yang memililiki pola susunan kalimat dari umum ke khusus, sedangkan paragraf induktif yaitu susunan beberapa kalimat dengan pola khusus ke umum. untuk lebih jelasnya aku kan diberikan referensi paragraf baik paragraf deduktif maupun paragraf induktif, sehingga anda sanggup memahami dan sanggup menulis paragraf, baik paragraf deduktif maupun induktif.

Artikel terkait baca juga contoh dan cara menciptakan surat lamaran kerja yang baik dan benar

Contoh Paragraf Deduktif dan Paragraf Induktif

Contoh Paragraf Deduktif

Contoh Paragraf Deduktif dan Paragraf Induktif Contoh Paragraf Deduktif dan Paragraf Induktif
paragraf deduktif dan induktif
Beberapa Manfaat air untuk kesehatan di antaranya yaitu selain sebagai penghilang rasa haus dan dahaga air juga sanggup berfungsi sebagai penyeimbang cairan dalam tubuh, alasannya setidaknya tubuh insan terdiri atas 60% air kalau kurang dari itu maka kemungkinan besar akan terjadi kehilangan cairan, sedangkan bagi penderita obesitas ternyata air juga sanggup membantu menurunkan berat tubuh alasannya dengan banyak minum air terutama air hangat akan menimbulkan tubuh kita mengeluarkan keringat sebagai bukti terjadinya pembakaran lemak dan perut akan merasa kenyang, alasannya itu minumlah air setidaknya 8 gelas setiap hari.


Contoh Paragraf Induktif


Selain sebagai penghilang rasa dahaga, air juga berfungsi sebagai penyeimbang cairan dalam tubuh, alasannya setidaknya tubuh insan terdiri atas 60% air kalau kurang dari itu maka kemungkinan besar akan terjadi kehilangan cairan, sedangkan bagi penderita obesitas ternyata air juga sanggup membantu menurunkan berat tubuh alasannya dengan banyak minum air terutama air hangat akan menimbulkan tubuh kita mengeluarkan keringat sebagai bukti terjadinya pembakaran lemak dan perut akan merasa kenyang, alasannya itu minumlah air setidaknya 8 gelas setiap hari. itulah beberapa manfaat air untuk kesehatan

Sebagaimana telah aku jelaskan bawah paragraf deduktif yaitu inti kalimat terletak pada awal kalimat, sedangkan paragraf induktif yaitu sebaliknya. Coba anda perhatikan referensi paragraf deduktif diatas, pada awal kalimat yang aku diberi tanda kuning yaitu pokok kalimat yang lalu ikuti dengan kalimat penjelas, sedangkan pada referensi paragraf induktif inti kalimat terletak pada selesai kalimat. 

dari referensi paragraf tersebut diatas, aku yakin anda sanggup memahami perbedaan dan bagaimana cara menulis paragraf deuktif maupun paragraf induktif. 

Baca juga : Contoh Proposal dan jenis-jenisnya

Itulah referensi paragraf deduktif dan paragraf induktif yang sanggup aku jelaskan, agar artikel ini mempunyai kegunaan dan menambah wawasan kita. untuk referensi paragraf dalam bentuk lain tunggu artikel aku selanjutnya.
Advertisement

Iklan Sidebar