'/> Contoh Anjuran Pembangunan / Proyek | Cara Membuat

Info Populer 2022

Contoh Anjuran Pembangunan / Proyek | Cara Membuat

Contoh Anjuran Pembangunan / Proyek | Cara Membuat
Contoh Anjuran Pembangunan / Proyek | Cara Membuat

Contoh Proposal Pembangunan / proyek - Proposal proyek atau ajuan pembangunan yakni proposl yang diajukan untuk memohon dukungan dana acara pembangunan yang mana pembangunan tersebut dibuat oleh semacam yayasan atau organisasi kemasyarakatan tertentu.  ajuan pembangunan atau ajuan proyek ini Sebagaimana pada artikel contoh ajuan dan jenisnya, yang mana pada artikel tersebut aku memaparkan, bahwa seluruh ajuan intinya termasuk ajuan kegiatan, namun maksud dari ajuan acara ini masih bersifat umum dan sanggup terbagi lagi, contohnya ajuan acara penelitian, ajuan acara even atau program yang diselenggaakan oleh organizer, ajuan acara perjuangan atau bisnis yang bersifat provit, dan ajuan acara pembangunan atau ajuan proyek.


Proposal acara pembangunan atau ajuan proyek, biasanya bersifat untuk kepentingan umum, contohnya proyek perbaikan jalan, proyek pembuatan selokan jalan air, proyek pembangunan masjid, atau musholla. tiruana ajuan proyek tersebut diajukan atas dasar kepentingan masyarakat secara umum. maka oleh sebab itu ajuan proyek atau ajuan pembangunan di selenggarakan oleh forum tertentu sebagai manifestasi kepentingan masyarakat disekitarnya, yang seyogyanya sanggup menawarkan surat rekomendasi atau surat pengantar ajuan yang diketahui dan menerima bubuhan tanda tangan beserta stempel dari desa/lurah, camat dan seterusnya.

Sebelum aku ulas perihal cara menciptakan ajuan pembangunan, penting untuk dibahas terlebih lampau adalah, tetang pembentukan kepanitiaan pembangunan dan fungsinya.

Panitia secara organisatoris, idealnya terbagi atas dua kepanitiaan yaitu :


1. Panitia Steering Comite (SC)

 Proposal proyek atau ajuan pembangunan yakni proposl yang diajukan untuk memohon bant Contoh Proposal Pembangunan / Proyek | Cara Membuat
Contoh Cara Membuat porosal pembangunan / proyek
Panitia SC atau sterring comite yakni panitia yang dibuat untuk bertugas sebagai konseptor dari seluruh acara pembangunan, panitia sc ini tidak bertugas secara tekhnis di lapangan. kepanitiaan ini hanya butuh ketua, sekeretaris dan bendahara selebihnya anggota. seluruh acara panitia SC ini hanya seputar konsep dan wangsit atau gagasan pembangunan, yang selanjutnya konsep tersebut secara tekhnis dilaksanakan oleh panitia di bawahnya.

2. Panitia Organizing Comite (OC)
Panitia Organizing Comite (OC) yakni panitia yang dibuat oleh SC yang terdiri dari ketua, sekretaris, Bendahara, dan Seksi-seksi lainnya contohnya seksi penggalian dana, seksi pengawas pembangunan, seksi humas dan seksi-seksi lainnya yang dianggap penting. kepanitian OC ini bertugas secara tekhnis pengaplikasian acara pembangunan atau sederhananya yakni sebagai pelaksana dari gagasan atau konsep hasil musyawarah panitia SC.

Namun realitanya, di tengah masyarkat kita kepanitiaan semacam ini sangat jarang kita jumpai, itu sebab masyarakat kita berfikir mudah dan sederhana. Menurut aku tiruana itu sah-sah saja. akan tetapi untuk menjadi sebuh pembelajaran dan pendidikan, tidak ada salahnya anda menerapkan apa yang sudah aku sampaikan tersebut diatas.  

Cara Membuat Proposal Pembangunan/Proyek

Beberapa hal yang mesti diperhatikan dalam menciptakan ajuan proyek yaitu antara lain :
  1. Proposal pembangunan sebaiknya dibuat secara realistis dan tidak mengada-ada.
  2. Proposal pembangunan atau ajuan proyek sebaiknya dibuat secara terperinci mengenai nama kegiatan, waktu, tempat, dan kepanitiaannya.
  3. Proposal pembangunan sebaiknya menerima persetujuan dari desa dan camat, sehingga mempunyai legalitas formal yang kuat.
  4. Sistematika penulisan ajuan pembangunan sebagai diberikut

Halaman Cover Proposal
Surat Pengantar Proposal Pembangunan(lihat pola surat pengantar ajuan pembangunan)
A. PENDAHULUAN (lihat pola penlampauan proposal)
  1. Latar Belakang
  2. Tujuan
  3. Visi dan Misi
B. NAMA KEGIATAN (lihat contohnya di pola ajuan pembangunan masjid)
C.WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
  1. Waktu Kegiatan
  2. Tempat Kegiatan
D. PELAKSANA KEGIATAN
E. RENCANA ANGGARAN BIAYA
F.  PENUTUP (lihat contohnya epilog proposal)
      Lampiran - Lampiran 
  1. Foto lokasi pembangunan
  2. Sertifikat tanah lokasi pembangunan
  3. Foto copy gambar skema rencana bangunan
  4. Jika bangunan berupa kawasan ibadah contohnya masjid, musholla, gereja atau kawasan ibadah lainnya yang gres akan didirikan biasanya membutuhkan bukti tanda tangan dari masyarakat sebanyak minimal 60 orang, yang berfungsi adanya bukti persetujuan dari masyarakat sekitar.
  5. Surat izin mendirikan bangunan

Contoh Proposal Pembangunan

Berdasarkan pada sistematika penulisan ajuan diatas maka halaman terdepan yaitu halaman cover ajuan diberikut ini pola halaman cover yang sanggup anda terapkan, atau anda modifikasi

Contoh Cover Proposal Pembangunan

Setiap karya tulis ilmiah   hendaklah dibuat halaman cover yang mana pada halaman cover tersebut paling tidak terdapat nama penyusun, nama forum dan judul besar perihal isi karya tulis sebagaimana buku, skripsi, desartasi, skripsi, atau makalah. Dengan begitu pembaca akan sanggup memahami citra umum perihal isi dari karya tulis tersebut, tidak berbeda dengan sebuah proposal, Proposalpun sudah seharusnya mempunyai halaman cover. Berikut ini pola halaman cover yang sanggup anda terapkan

Atau cover menyerupai ini

Contoh Cover Proposal Proyek

Download Free Contoh cover Proposal Pembangunan

semoga lebih mudah aku sediakan file pola cover ajuan ini dalam bentuk file.docx, silahkan download di contoh cover proposal

Mugkin itu pola cover ajuan yang sanggup aku buat untuk anda, namun anda sanggup membuatnya kalau menguasai ms word dengan baik atau bahkan kalau anda menguasai adhob photo shop itu akan lebih sempurna.

Semenrata itu dulu artikel yang sanggup aku posting, gampang-gampangan hingga disini artikel ini sanggup memdiberikan citra yang jelas perihal bagaimana cara menciptakan ajuan yang baik dan benar, sesuai dengan ketentuan tehnik penulisan karya ilmiah. tunggu artikel selanjutnya terkait pola ajuan pembangunan.
artikel terkait silahkan baca juga contoh ajuan bisnis

Advertisement

Iklan Sidebar